Buka Pelatihan Dasar Jurnalistik di MTsN 2 Pekanbaru, Ini Harapan Kakan Kemenag 

Buka Pelatihan Dasar Jurnalistik di MTsN 2 Pekanbaru, Ini Harapan Kakan Kemenag 
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Drs. H. Syahrul Mauludi, MA saat memberikan sambutan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Pekanbaru menggelar kegiatan Pelatihan Dasar Jurnalistik bagi guru dan siswa, Senin, 19 Desember 2022 di Pekanbaru.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Drs. H. Syahrul Mauludi, MA. Kegiatan ini digelar 19-21 Desember 2022/

Dalam sambutannya, Syahrul Mauludi sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh MTsN 2 Kota Pekanbaru, terutama pelaksanaan pelatihan jurnalistik yang menurutnya bisa meningkatkan literasi di madrasah ini.

"Salah satu tugas lembaga pendidikan adalah melihat potensi di madrasahnya masing-masing, melihat apa yang dibutuhkan oleh madrasah tersebut, makanya saya apresiasi kegiatan hari ini, silakan dikembangkan," ujarnya.

Terkait pelatihan ini, Syahrul Mauludi menyebut ini sangat berguna baik bagi guru maupun siswa, sehingga nantinya lewat pelatihan ini, madrasah mampu menghadirkan informasi-informasi yang positif bagi masyarakat.

"Lewat pelatihan ini kita berharap akan lahir calon-calon jurnalis yang handal, yang mampu memberikan informasi yang benar dan positif, apalagi ke depan, kebutuhan manusia akan informasi semakin tinggi," sebutnya.

Ditambahkannya lagi, sesuatu yang tidak diinformasikan akan cenderung dinilai negatif, maka apapun informasi yang sifatnya positif harus dipublikasikan.

"Kita berharap, madrasah-madrasah yang berada dibawah Kemenang, harus rutin mempublikasikan kegiatannya di madrasahnyanya," harap Syahrul Mauludi.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Kota Pekanbaru, Fitrisma Rais, M.Pd menjelaskan kalau ini merupakan kegiatan pelatihan jurnalistik perdana yang dilaksanakan oleh MTsN 2 Kota Pekanbaru.

"Yang ikut pelatihan sebanyak 20 orang peserta yang terdiri dari siswa, guru-guru yang terdiri dari guru bahasa Indonesia dan juga staf humas MTsN 2 Kota Pekanbaru," sebutnya.

Fitrisma menegaskan kalau saat ini MTsN 2 Pekanbaru sedang giat-giatnya melaksanakan kegiatan literasi di madrasah ini, tujuannya bagaimana meningkatkan minat baca dan juga menulis di kalangan siswa dan guru madrasah.

"Pelatihan ini juga bagian dari giat tersebut, kita berupaya meningkatkan kemampuan literasi siswa dan guru madrasah kita, karena visi kita menjadikan MTsN 2 Pekanbaru ini sebagai madrasah literat," ujarnya.

Di samping ini, lewat pelatihan jurnalistik ini, Fitrisma ingin nantinya kegiatan jurnalistik di MTsN 2 Pekanbaru bisa berjalan maksimal, baik melalui mading siswa maupun website madrasah yang bisa selalu update informasinya. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index